06 November 2010

Tips Memilih Layanan Internet

Akhirnya bisa ngeblog lagi. Oke langsung saja, belakangan ini layanan internet di Indonesia sudah mulai maju, hal ini ditandai dengan banyaknya layanan internet yang ditawarkan dengan harga terjangkau serta unlimited. Nah sekarang saya ada sedikit tips memilih layanan internet yang tidak hanya murah, namun juga berkualitas dalam arti cepat dan tidak sering putus atau diskoneksi. Mungkin ini tips yang agak aneh dan tidak biasa dibahas di tempat lain, karena disini saya akan menggunakan fasilitas pihak ketiga untuk menilai layanan mana yang lebih baik, setidaknya dari segi kecepatan. Saya akan menggunakan Speedtest.net untuk "studi banding" ini.
Saya memilih speedtest karena layanan ini banyak digunakan untuk testing kecepatan internet belakangan ini. Selain itu sebenarnya website ini menyediakan database untuk memudahkan kita mendapat informasi provider internet mana yang layak untuk digunakan. Ok langsung saja kita mulai :
  1. Pertama buka website speedtest.net, lalu pilih link world result yang ada di atas halaman.
    memilih layanan internet
  2. Di halaman selanjutnya anda akan menemui peta dunia, pilih area asia, lalu pilih Indonesia. (pilih dengan cara klik di dalam map)
    tips memilih provider internet
  3. Pilih Kota tempat anda tinggal, karena saya tinggal di Tanggerang, maka saya Pilih Tanggerang. Setelah itu daftar ISP dengan koneksi tercepat di kota yang anda pilih sebelumnya akan ditampilkan.
    daftar layanan internet cepat
  4. Dan karena saya menggunakan modem 3.5G/selular, maka saya memilih layanan internet dari PT Indosat, dengan kecepatan rata-rata 2.7Mbps. Sebenarnya ada banyak layanan lain yang lebih cepat seperti ditampilkan di tabel speedtest, namun setelah saya telusuri, itu adalah layanan internet kabel yang digabung dengan TV kabel, jadi silahkan memilih layanan internet mana yang sesuai kebutuhan anda.
PS: Daftar kecepatan yang ditampilkan oleh speedtest tidak mutlak, itu hanyalah data yang mereka kumpulkan dari hasil percobaan pelanggan yang menggunakan layanan Speedtest untuk menguji kecepatan akses internet mereka.

Prince... (^_*)v

No comments:

Post a Comment