20 October 2008

Tips mulai ngeblog

Blog, mungkin sudah sangat familiar diantara anda yang bisa mengakses internet. Sekarang ini blog merupakan satu hal yang paling menarik di dunia internet, tentunya selain sosial networking dan online money making. Blog bahkan telah menjelma menjadi salah satu media yang bisa dipercaya konsumen pengguna internet dibanding iklan maupun situs. Karena konsumen lebih percaya kepada blog yang memang ditulis oleh sesama 'manisia' dibanding iklan ataupun website jenis lain yang justru diangkap sebagai perpanjangan tangan dari konsumen. Membuat blog pun sangat mudah, bahkan anak SMA sekarang wordpress (salah satu blogging platform populer) terlah dimasukkan dalam materi pelajaran komputernya.

Mungkin membuat blog itu mudah, dan tidak mahal karena sekarang banyak tersedia layanan blogging yang gratis seperti wordpress dan tentu saja blogger. Namu pertanyaan selanjutnya adalah "apa yang harus saya lakukan setelah membuat blog?" ya itu memang pertanyaan yang harus dijawab para blogger pemula, karena banyak orang yang hanya bisa membuat blog lalu menulis beberapa posting hasil 'curian' dengan copy paste content blog lain, dan setelah beberapa lama mereka justru bosan bahkan lupa akan blog yang pernah di buatnya, dan akhirnya blog itupun hanya sekedar menjadi sampah internet. Berikut saya berikan sedikit saran untuk anda yang ingin mulai ngeblog.

  • Pastikan anda ketahui apa yang anda tulis.

    Banyak blogger yang hanya membuat blog tanpa dasar, tanpa mengetahui topik blognya dan tidak tahu akan diisi dengan apa. Termasuk saya, di awal blog ini terbit saya memuat tentang animasi, terutama hunter x hunter. Kemudian beralih ke pelajaran CSS dan modifikasi Friendster, dan sekarang justru sering memuat tentang blogging, internet news dan tentu saja online money making yang sedang saya pelajari.

  • Pastikan anda punya 1000 langkah kedepan.

    Maksudnya saat anda membuat blog pikirkan apa yang anda ingin capai dari blog anda, mungkin untuk menghasilkan uang, untuk berbagi ilmu, atau untuk mencari teman. Ini sangat perlu karena akan menentukan langkah anda selanjutnya.

  • Buatlah blog dari penyedia layanan blogging gratis.

    Meskipun anda punya cukup uang untuk membeli hosting, tapi menurut saya lebih baik memulai dari sesuatu yang gratis dulu. Selain menghindari kerugian, juga untuk mengetes diri anda sendiri. Bayangkan bila anda telah membeli hosting, membayar iklan untuk promosi blog anda, dan tentunya biaya akses internet, namun setelah beberapa waktu anda justru merasa anda tidak cocok dengan dunia blogging dan anda bosan. Rugi kan, mending duitnya buat saya...


Mungkin itu saya, tips ini untuk semua orang yang ingin memulai terjun di dunia blogging. Lebih lanjut anda bisa membaca blog teman saya, blogging dan seo tips

No comments:

Post a Comment