12 July 2007

Webdesign

Bagi saya dunia webdesign yang baru saya pelajari kurang dari 1 tahun ini sudah menjadi hobi yang cukup menyenangkan. Kepuasan tiada tara akan didapat ketika desain web saya dikomentari baik oleh orang lain. Begitu juga kekecewaan akan datang bila pengunjung yang datang hanya sedikit apalagi sampai tidak puas. Hal yang paling penting dari sebuah website menurut saya adalah content, karena apa yang dicari oleh pengunjungukanlah tampilan ataupun aksesoris dari blog tersebut, namun content conten yang ada didalamnya.

Namun bukan berarti tampilan bisa dikesampingkan. Apa yang pertama dilihat oleh pengunjung adalah tampilan dari situs itu bukan kontennya, memang bertentangan dengan pernyataan sebelumnya, namun hal ini memang benar adanya. Dan hal yang menurut saya penting dari tampilan website adalah, daya tarik, kecepatan load, dan fungsionalitas. Bila kesan pertama yang ditampilkan oleh suatu website sudah membuah pengunjungnya terkagum-kagum, otomatis ia akan senang berlama lama di situs itu. Lalu waktu load halaman, situs yang menurut saya paling menjengkelkan adalah situs yang dilengkapi dengan flash, terutama yang menggunakan flash pada bagian-bagian pentingnya. Karena tidak semua web browser di semua komputer di dunia ini telah dilengkapi dengan flash player. Coba saja anda bayangkan bila anda mengunjungi sebuah website yang ada flash didalamnya dan kebetulan anda tidak memiliki flash player dikomputer anda, maka anda akan diharuskan untuk membuang banyak waktu untuk mendownloadnya. Dan saya yakin, kebanyakan dari anda pasti akan memutuskan untuk meninggalkan situs itu.

Dan unsur yang terakhir adalah fungsionalitas. Ada satu blog yang menurut isinya cukup menarik namun sayangnya blog itu terlalu memuakkan untuk dipandang, terlalu banyak element di sidebarnya, semua element saling tumpang tindih, banyak diantaranya yang tidak terlalu penting, dan yang paling mengesalkan adalah fixed footernya. Sebaliknya website yang sudah cukup banyak memberikan ilmunya untuk orang lain justru tampil dengan keadaan yang teramat polos, diantaranya, www.cosaaranda.com, www.gudanginfo.web.id, dan tentunya www.ilmukomputer.com. Tampilan sederhana ini tentunya sangat membantu karena konten-konten didalamnya memang cukup berbobot dan kadang cukup "memberatkan", jadi meskipun postingan cukup panjang namun waktu loadpun tidak terlalu lama. Bandingkan dengan blog yang disebutkan diawal tadi, ketika saya mencoba menyimpan salah satu halamannya dengan format html only, yang saya dapatkan adalah "seonggok" file berukuran 220kb.

No comments:

Post a Comment