08 July 2007

New Comment Sistem

Saya termasuk orang yang suka mendesain sesuatu, termasuk layout, baik layout blogger, friendster maupun website biasa, dan tanpa bermaksud sombong, saya cukup ahli melakukannya, karena pada dasarnya saya senang melakukan pekerjaan tersebut. CSS adalah alat utama bagi saya untuk memodifikasi setiap layout, dan lagipula beberapa hal memang hanya bisa dilakukan dengan CSS, contohnya friendster. Seperti yang kita ketahui, CSS memiliki teknologi yang satu tingkat lebih maju dari pentabelan yang menggunakan HTML. Karena hal itulah kenapa saya pernah menganggap remeh friendster, karena ketika saya "membelah" halaman profile saya menggunakan notepad, saya menemukan beberapa tag-tag <table> disana. Namun ternyata saya salah, tag-tag "kuno" itu justru cukup menyulitkan saya ketika ingin memodifikasinya, karena ada beberapa bagian yang tidak bisa dipindahkan hanya dengan teknik floating biasa.

Lepas dari friendster, masalah lain juga menunggu saya di blogger, beberapa tag tidak lazim saya temui disana, contohnya <blogger>, </blogger>, dan lain sebagainya. Dan tag-tag yang paling membingungkan saya adalah yang ada pada bagian komentar, karena tag-tag yang ada disana justru lebih banyak dari yang ad di postingnya sendiri, dan semuanya tidak saya kenal. Beberapa layout sudah saya buat, dan ketika dicoba secara online justru layout-layout itu gagal, karena tag-tag "aneh" tadi salah penempatannya. Karena hal itulah saya memutuskan mengganti sistem komentar di blog ini menggunakan tools dari pihak lain, yaitu haloscan, dengan bantuannya, layout sayapun menjadi lebih sederhana dari segi kode dan akan lebih mudah untuk dipelajari dan dimodifikasi nantinya. Tapi di blog milik orang lain, sistem comment yang seperti ini juga terintegrasi dengan sistem avatar milik gravatar, dan sepertinya bagus, namun karena blog ini belum terlalu terkenal maka yang berkomentarpun masih sangat sedikit, jadi saya belum bisa melihat hasilnya.

No comments:

Post a Comment