26 June 2007

Try the Hard One

Awal minggu ini saya membeli sebuah tabloid, yaitu PC Mild. Karena kebetulan dibundel dengan sebuah CD, maka kali ini saya harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak dari biasanya. Karena kebetulan kali ini topiknya kurang menarik, maka setelah "bosan" membaca tabloidnya, saya mulai melihat-lihat isi dari CD 'gratis' dari tabloid tadi. Hal pertama yang menarik bagi saya adalah kumpulan software yang mereka sebut visual web editor.

Singkatnya, itu adalah sekumpulan software pembuat halaman web yang kira-kira hampir sama dengan Dream Weaver milik macromedia. Keunggulan dari software-software tadi adalah penggunaan GUI untuk mempermudah penggunanya dalam membuat setiap halaman web, jadi mereka bisa membuat halaman web semudah membuat document di Microsoft Word. Namun ternyata tidak semudah itu juga, saya justru mendapat berbagai kendala dalam penggunaannya.

Dengan spesifikasi komputer yang sudah "tidak layak jalan" (Pentium 1, RAM 32mb, HD 512mb, windows 98), maka otomatis aplikasi-aplikasi tadi tidak bekerja secara sempurna di komputer saya itu. Dan kendala kedua adalah, penggunaannya yang cukup sulit bagi saya, hal yang sama seperti yang dulu saya rasakan ketika mencoba menggunakan Dream Weaver.

Dengan berbagai kendala itu, saya memutuskan untuk menggunakan software tercanggih sepanjang masa, sekaligus bisa dijalankan di windows manapun, yaitu notepad. Ya notepad, dengan editor sederhana nan gratis bawaan windows ini, anda bisa membuat apapun, mulai dari webpage, file PHP, bahkan sampai aplikasi-aplikasi kelas berat sekalipun. Hal ini bisa terjadi karena notepad memiliki kemampuan menyimpan sebuah file dalam tipe apa saja.

Dan dengan notepad anda bisa melatih diri anda untuk membuat file yang jauh lebih efisien daripada yang dibuat dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Karena umumnya software-software webmaker tadi membuat halaman web berdasarkan hal-hal yang paling umum, dan terkadang banyak hal yang tidak diperlukan masuk kedalamnya, seperti meta tag untuk generator, author, dan juga yang lainnya. Sedangkan bila menggunakan notepad anda dipaksa untuk mengetikan karakter demi karakter agar halaman web anda terbentuk, maka dengan sedikit memanfaatkan "kemalasan" anda, anda pasti akan memikirkan segala cara agar webpage tetap selesai tetapi anda juga hanya mengetik sesedikit mungkin.

Lalu kenapa harus notepad, lah windows khan juga punya wordpad, kenapa harus notepad? Sederhana, dikomputer saya, program wordpad entah kenapa tidak bisa ditemukan, begitu juga denga MS Paint, sebuah program yang berpotensi menjadi tandingan sempurna untuk photoshop. Maka untuk saat ini saya hanya menggunakan Notepad untuk membuat halaman HTML dan CSS, Word sebagai screen shooter, dan terakhir FSViewer sebagai image format conventer

No comments:

Post a Comment