11 June 2007

HTML,, an Important Part

Hal pertama yang mutlak harus dimiliki seorang webmaker adalah penguasaan scripting2 yang berhubungan dengan pembuatan halaman situs itu sendiri, 3 elemen dasar dari webpage menurut saya adalah, HTML, CSS, dan JavaScript. Pertama karena hanya dengan mengunakan HTML murni, sayasudah bisa membuat sebuah situs yang cukup baik, lalu dengan ditambahkan CSS, situs saya-pun menjadi lebih indah dan tidak terlalu besar ukurannya, dan terakhir JavaScript, dengan script ampuh ini, saya jadi bisa membuat situs saya lebih menarik lagi karena adanya animasi. Lebih jauh dari itu, dengan script sederhana ini, saya jadi bisa membuat berbagai software yang bisa diakses secara online, dan JavaScript bisa menggantikan fungsi flash di semua situs saya.

Kombinasi ketiga elemen tadi sudah sangatlah cukup untuk menjadi modal dasar bagi saya untuk membangun situs2 saya. Dan yang paling penting, elemen tadi mendukung untuk pembuatan situs yang sederhana, fungsional, dan juga berukuran kecil sehingga menghemat bandwidth dan waktu loadnya, namun tetap bisa menampilkan dirinya seindah situs yang menggunakan flash sekalipun. Kesederhanaan dan kecepatan load inilah yang hingga kini masih menjadi andalan sang raksasa di dunia maya. Ya, google hingga kini hanya mengandalkan kepolosan HTML murni untuk semua layanannya. Hasilnya, meskipun search engine google tampil dalam keadaan yang "terlalu" sederhana, namun semua orang tau kalau ia adalah mesin pencari terkuat dan paling terkenal di jagad maya ini. Bandingkan dengan homepage milik Yahoo! dan MSN yang penuh dengan gambar dan animasi, namun mereka berdua harus cukup puas dengan posisi kedua bahkan ketiga.

Jadi intinya keindahan itu memang penting untuk sebuah halaman situs, namun fungsionalitas dan waktu load juga sangatlah penting. Hal itu sudah didukung oleh HTML sebagai elemen dasar dari sebuah situs, yang bisa dibilang ia adalah bumbu dasar untuk membuat suatu masakan. Ketika suatu hari ingin membuat masakan tersebut namun tidak ada bumbu2 lain pendukungnya, hanya dengan bumbu2 dasar ini pun, sebuah masakan yang lezat sudah dapat dihidangkan. Kemana pun saya pergi, situs apapun yang saya buat, atau di komputer siapapun saya membuatnya, hanya dengan sebuah notepad dan kumpulan tag2 HTML, sebuah situs barupun sudah dapat hasilkan.

No comments:

Post a Comment