17 May 2007

IlmuKomputer,, Why??

Dulu ketika saya masih pemula dunia komputer (sekarang juga masih), saya berusaha untuk mendapatkan ilmu lebih banyak lagi tentang komputer. Pertama saya membeli majalah PC+,, karena kurang puas,, saya mulai mencari di internet (google),, saya ingat waktu itu saya menggunakan kata kunci "komputer untuk pemula",, dan saat itu website pertama yang ditemukan adalah milik www.ilmukomputer.com. Benar saja, website itu sungguh menghapuskan semua dahaga saya. Mulai dari masalah Hardware, Software, Programing, bahkan sampai yang paling saya suka, website desaining.

Beberapa bulan yang lalu ilmu komputer mengalami perombakan tampilan, website ini mengalihkan dirinya menjadi blog, kalau tidak salah engine yang digunakan adalah wordpress. Mengagumkan dengan perubahan ini membuatnya menjadi tampil polos dan sangat minimalis (kalau saya menyebutnya "glow in the dark"). Halaman utama hanya menyajikan 4 potongan artikel terbaru, arsip arsip, daftar 10 postingan terbaru, search engine, serta kumpulan kumpulan kategori dan tentunya yang paling saya ingat adalah tag line "ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Dengan mengandalkan ke-gratisan-nya, serta kekuatan komunitas para penulisnya, ilmu komputer terus berkembangan menjadi sebuah website yang besar.

Karena saya sedang berkutat di dunia google dan belajar sedikit sedikit tentang adsense saya jadi sering mengunjungi website CosaAranda.com. Sama seperti ilmu komputer, Om Cosa mengajarkan ilmu ilmu yang mudah dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. Beberapa waktu lalu saya mencoba mengunjungi website ilmu komputer, namun anehnya situs itu tidak bisa diakses (www.ilmukomputer.com), yang anehnya lagi website "peralihan" yang beralamat di www.ilmukomputer.org justru bisa, sejatinya website kedua ini digunakan hanya sebagai pengalihan sebelum benar benar meniadakan ilmu komputer versi lama. Dan hari ini secara tidak sengaja saya mengunjunginya kembali (www.ilmukomputer.com), dengan niat melihat lihat apakan website itu setopik dengan blog ini, agar saya bisa menentukan apakah harus memasang link di blog ini untuk menuju ke website itu.

Namun ada hal aneh yang saya rasakan ketika mengunjungi ilmu komputer. Webmaster ilmukomputer yang dulu saya kira seorang pekerja sosial, kini sepertinya berubah, hal ini sangat tergambar di website itu. Di halaman utama kita langsung disajikan 2 ads unit pada bagian bawah dan ukurannya cukup besar. Dan pada setiap artikel, ada 3 ads unit, 1 link unit, dan 1 referral firefox. Sungguh hal ini menyebabkan website ilmukomputer terlihat "kotor". Memang saya tidak membayar ketika membaca artikel artikel disana, namun tetap mengesalkan melihat banyak sekali iklan disitu, dan semuanya blended. Hal yang sama juga terjadi di edittag, di blog yang memberikan "pencerahan" tentang blogger itu, justru menjadi gelap dengan adanya bayang bayang dari banner milik bravenet. Di blog ini saya hanya meletakan satu referral firefox dan satu ads unit ukutan 200*200,, yang terakhir disebutkanpun masih kadang kadang munculnya. Dan referral hanya saya gunakan agar pengunjung saya menggunakan firefox, karena blog ini hanya tampil baik di firefox.

Mungkin mereka berani menempatkan banyak iklan seperti itu karena pengunjungnya sudah banyak, sedangkan blog ini hanya saya sendiri yang mengunjunginya dan kadang ada juga yang nyasar dari Search Engine. Mungkin benar yang diajarkan om Cosa, "kejar dulu trafik iklan belakangan", karena bila pengunjungnya jutaan, pasang iklan banyak juga boleh, tapi siap siap aja di banned kalau melebihi ketentuan.

1 comment:

  1. makasih ya mas atas info nya !!!oya mas salam kenal ya saya salah satu mahasiswa intitute komputer dan perhotelan idonesia yang juga baru mengenal apa itu komputer dan saya akan terus belajar untuk memperdalam pengetahuan. bay- bay!!!!

    ReplyDelete